Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Santri di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret, Yogyakarta

Dosen dan Mahasiswa Program Studi D3 Radiologi fakultas Ilmu kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta menggelar kegiatan pengabdian masyarakat(PKM) di Muhammadiyah Boarding School, Pleret, Yoagyakarta. Pada Jumat 22 Desember 2023.

Kegiatan ini dilakukan oleh 2 dosen Ike Ade Nur Liscyaningsih, M.Tr.ID. dan Anisa Nur Istiqomah, M.T. bersama dengan 8 Mahasiswa D3 Radiologi yaitu, Mutiara fembli , Helma Novianti, Alfin Ramadhani, Nadiya Manangin , Hidayatul Maghfiroh, Sylvia Azzahra Farrelya, Hanifa Larassati Dewi, dan  Fasya Fouris Falentin.

Hanifa Larasati Dewi selaku ketua tim dari mahasiswa menjelaskan kegiatan ini menjadi salah satu peran kita sebagai tenaga kesehatan untuk memberikan pemahaman kepada orang awam dalam menangani Kegawatdaruraatan dengan pertolongan pertama. Lebih jelas lagi Hanifa menjelaskan kegiatan ini di kemas dalam sebuah pemaparan materi dan praktek langsung dengan tema ‘Pelatihan Penanganan Kegawatdaruratan’. Tujuan kegiatan ini agar santriwan dan santriwati kelas 12 mendapatkan ilmu, menambah wawasan dan mampu menangani  ketika terjadi keadaan yang tidak diinginkan.

 “Kami hadir di Muhammadiyah Boarding School Pleret ini untuk memberikan wawasan dan ilmu yang setidaknya dapat bermanfaat bagi santriwan dan santriawati. Materi yang kami berikan sangat berguna nantinya karna menyangkut Pertolongan pertama yang pasti sangat dibutuhkan ketika keadaan tidak dinginkan. Kami juga meminta Santri untuk bisa mempraktekan langsung penanganan yang sudah kami ajarkan, untuk memastikan bahwa Materi yang kami sampaikan mudah mereka pahami. Selain memaparkan materi, kegiatan ini juga terdapat Game dan Quis yang Menyenangkan dan tentunya berhadiah. Penyuluhan ini diikuti dengan antusias oleh santri Muhammadiyah Boarding Scool Pleret, hal tersebut membuat kami merasa bersyukur dan berhasil karena kami sukses  dalam melaksanaan kegiatan  ini.” Ujar hanifa

Hanifa menjelaskan kegiatan ini juga mengadakan cek kesehatan gratis bagi para staf, guru  dan santri yang ada di Muhammadiyah Boarding School, Pleret, Yogyakarta ini. Cek kesehatan ini meliputi berat badan, tekanan darah, kadar oksigen, asam urat, dan gula darah. Cek kesehatan ini diikuti oleh 27 siswa kelas XII serta sekitar 20 pegawai staf di MBS ini.