Kunjungan BAPETEN ke Program Studi D3 Radiologi UNISA Yogyakarta dalam kegiatan Penjajakan Calon Lembaga Uji Kesesuaian

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN melaksanakan kegiatan penjajakan calon Lembaga Uji Kesesuaian di Program Studi D3 Radiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, pada tanggal 27 November 2023.

Lembaga Uji Kesesuaian merupakan sebuah lembaga di bawah pengawasan BAPETEN yang bertujuan untuk menguji kesesuaian keluaran pesawat Sinar-X diantaranya Pesawat General X-ray, Mobile X-ray, Dental X-ray Unit, Fluoroskopi, Mamografi, dan CT Scan. Pengujian wajib dilakukan saat pembelian alat baru, setelah servis besar dan setiap 4 tahun sekali.

Pak Suryo selaku ketua tim menyampaikan bahwa Saat ini ketersediaan Lembaga Uji Kesesuaian di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hanya ada 1 lembaga, sedangkan di DIY sendiri terdapat lebih dari 100 instansi pemanfaat dengan lebih dari 400 buah pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional. Untuk itu, BAPETEN melakukan penjajakan yang bertujuan untuk menambah terbentuknya Lembaga Uji Kesesuaian di Indonesia khususnya, di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tim BAPETEN menilai bahwa ketersediaan peralatan yakni peralatan kendali mutu pesawat sinar-X radiologi diagnostik dan intervensional serta SDM di program Studi D3 Radiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta layak untuk menjadi lembaga Uji Kesesuaian.

Tim BAPETEN yang berkunjung ke Universitas Aisyiyah Yogyakarta, dipimpin oleh Pelaksana Proses Penunjukan Lembaga Uji Ketenaganukliran BAPETEN Suryo Adi Ari Santosa dengan anggota Pengawas Radiasi BAPETEN Joni S. Kadir, Diah Astuti Indarwati, Alimuddin, A.A.A. Sari Trisna Citta, dan Irma Septi Ardiani.

Tim dari UNISA Yogyakarta yang menyambut kedatangan BAPETEN yakni Wakil Dekan I FIKes Ismarwati, S.ST., MPH, Wakil Dekan III FIKes Wantonoro, Ph.D, Ketua Program Studi D3 Radiologi Widya Mufida, M.Tr.ID., Sekretaris Prodi D3 Radiologi Ike Ade Nur Liscyaningsih, M.Tr.ID., tim Dosen Prodi D3 Radiologi Anisa Nur Istiqomah, M.T., Retno Wati, M.BiomedSc., Ayu Mahanani, M.Tr.ID., Fisnandya Meita Astari, M.Tr.ID., UPT Laboratorium Kharisah Diniyah, MMR., dan Biro Kerjasama Dalam Negeri Tri Hapsari, M.H.Kes.

Kegiatan penjajakan diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan I FIKes Ibu Ismarwati yang dilanjutkan presentasi oleh Widya Mufida terkait ketersediaan sumder daya manusia dan presentasi ketersediaan peralatan di Laboratorium Radiologi oleh Anisa Nur Istiqomah.

Pemaparan dari BAPETEN diawali oleh Joni S. Kadir pengenalan BAPETEN dilanjutkan dengan Suryo Adi Ari Santosa tentang kepentingan Lembaga Uji Kesesuaian, Diah Astuti Indarwati, Alimuddin, A.A.A. Sari Trisna Citta, dan Irma Septi Ardiani terkait mekanisme pelaksanaan izin untuk membuka Lembaga Uji Kesesuaian, hingga terkait sertifikasi kompetensi personil uji kesesuaian dan penerbitan sertifikat uji kesesuaian.

Setelah diskusi Tim UNISA dan BAPETEN menuju laboratorium untuk mengecek peralatan kendali mutu dan pesawat sinar-X yang terletak di Lantai 1 Gedung Siti Walidah.

Pada akhir sesi Tim BAPETEN menyampaikan kesimpulan bahwa Universitas Aisyiyah Yogyakarta telah memiliki peralatan yang memadai untuk menjadi Lembaga Uji Kesesuaian, khususnya sub lingkup Radiografi Umum. Sehingga diharapkan dapat membuka Lembaga Uji Keseuaian sesuai dengan yang diharapkan oleh BAPETEN. [Rad/Anisa Nur Istiqomah]